WHAT'S NEW?
Loading...

Jatuhnya Pesawat TNI AU Di Yogyakarta Terekam Kamera Warga

Kepulan asap dari pesawat T-50 Golden Eagle milik TNI AU yang jatuh saat atraksi di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta, pada 20 Desember 2015. Foto diambil beberapa detik setelah pesawat jatuh. Foto oleh Rappler


Pesawat yang belum diketahui jenisnya dikabarkan mengalami kecelakaan dalam rangkaian acara Gebyar Dirgantara di Lanud Adisutjipto, Minggu (20/12/2015).

Warga sempat merekam sebelum pesawat jatuh menghujam tanah.

Video itu diunggah oleh pemilik akun Ismail Bruuna sekitar pukul 10.15.

Rekaman itu berdurasi 36 detik, dibagian tengah video sempat terlihat gelap namun akan terlihat lagi detik ke 23 hingga pesawat oleng kemudian tampak jatuh.

Dua pilot pesawat dinyatakan tewas.

“Dua pilotnya tidak bisa eject dari dalam pesawat terbang itu," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Dwi Badarmanto, di Jakarta, Minggu, kepada media.

"Identitasnya adalah Letnan Kolonel Penerbang Marda Sarjono dan Mayor Penerbang Dwi Cahyono,” ungkap Dwi.

Letnan Kolonel Penerbang Marda Sarjono adalah komandan Skuadron Udara 15 TNI AU tempat T-50 Golden Eagle itu bernaung. Mayor Penerbang Dwi Cahyono adalah salah satu pejabat di skuadron udara itu.

Gebyar Dirgantara adalah sebuah gelaran kedirgantaraan untuk merayakan HUT ke-70 Hari Penerbang TNI AU dengan menghadirkan semua jenis dan tipe pesawat terbang militer yang dimiliki TNI AU.

Masalah mulai muncul saat T-50 Golden Eagle hasil kerja bareng Korean Aeronautics Industry dengan Lockheed Martin, Amerika Serikat, itu dalam posisi “turun” untuk menuntaskan manuver loop-nya, alias membuat lingkaran vertikal besar di udara.

Manuver ini akan diakhiri dengan posisi terbang level (terbang sejajar dengan permukaan bumi).

Berikut Videonya


Sumber: TRIBUNJOGJA.COM, rappler.com

0 komentar:

Posting Komentar