WHAT'S NEW?
Loading...

9 Fakta Menarik Tentang Idul Adha


Ya, bentar lagi Idul Adha nih. Kira - kira mau lihat orang sapi ada kambing nggak?, nah Iontermarik akan mengupas tentang fakta menarik seputar Idul Adha. Sebelum itu ada sedikit penjelasan:

Kata Idul Adha artinya kembali kepada semangat berkurban. Berbeda dengan Idul Fitri yang artinya kembali kepada fitrah. Bila Idul Fitri berkaitan dengan ibadah Ramadhan, di mana setiap hamba Allah selama Ramadhan benar-benar disucikan sehingga mencapai titik fitrah yang suci, tetapi dalam Idul Adha tidak demikian. Idul Adha lebih berupa kesadaran sejarah akan kehambaan yang dicapai nabi Ibrahim dan nabi Ismail alaihimus salam. Karenanya di hari tersebut ibadah yang paling utama adalah menyembelih kurban sebagai bantuan terhadap orang-orang miskin.

Nah sekarang berikut adalah 9 fakta menarik tentang Idul Adha tahun ini, dilansir dari International Business Times, Sabtu (4/10).

1. Idul Adha dikenal juga dengan nama Idul Kabir atau Idul Qurban, perayaan Islam dalam rangka memperingati keikhlasan Nabi Ibrahim untuk mengikuti perintah Allah yang menyuruhnya mengorbankan putra kesayangannya, Ismail. Perintah Allah itu hanya sebuah ujian untuk melihat kesetiaan Nabi Ibrahim pada pencipta-Nya. Allah pun kemudian mengganti Ismail dengan seekor domba.

2. Idul Adha dimulai pada 10 Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam yang didasarkan pada peredaran bulan. Namun, karena sekarang kita menggunakan kalender Gregoriana atau peredaran matahari, maka Idul Adha selalu bergerak sekitar 11 hari setiap tahunnya.

3. Perayaan Hari Raya Kurban berlangsung 2-4 hari bergantung pada negara masing-masing.

4. Muslim dapat membeli hewan yang disebut Udhiya, biasanya kambing atau domba, sapi atau kerbau, unta, kemudian dikurbankan.

5. Sepanjang Idul Adha, Muslim yang mampu melakukan ibadah haji ke Mekah, Saudi Arabia.

6. Seorang Muslim harus membaca 'tusmiya' sebelum mengorbankan domba dan mengikuti standar tertentu, terutama halal.

7. Daging kurban dibagi tiga. Satu porsi untuk keluarga inti, satu porsi untuk kerabat, satu porsi lainnya yang terbanyak untuk disumbangkan kepada fakir miskin.

8. Perayaan Idul Adha ini biasanya ditandai dengan saling mengunjungi rumah anggota keluarga. Anggota keluarga yang lebih tua juga suka memberi anak-anak hadiah berupa uang.

9. Pagi harinya, seluruh Muslim melaksanakan shalat Idul Adha di masjid atau lapangan.

Nah itu dia 9 Fakta Menarik Tentang Idul Adha. Nanti kalau sudah idul adha jangan lupa bagi dagingnya juga ya.. hahaha

0 komentar:

Posting Komentar