WHAT'S NEW?
Loading...

5 Fakta Unik Di Balik Panasnya Inti Bumi


Penelitian tentang inti Bumi memasuki babak baru. Dengan menggunakan meteor purba sebagai bahan penelitian, ilmuwan berhasil mengungkap berbagai fakta menarik tentang inti Bumi. Berikut ulasannya.

1. 90 Persen inti Bumi terdiri dari belerang


Sukar dipercaya, awalnya inti Bumi diyakini dipenuhi oleh logam cair super panas. Namun, berdasarkan penelitian Universitas Durham, terungkap bila 90 persen inti Bumi terdiri dari belerang.
Total belerang di inti Bumi mencapai 8,5 x 1018 ton! Jumlah itu setara dengan 10 persen bobot keseluruhan Bulan.

2. Adanya 'Bulan mini' pada Inti Bumi


Menurut ahli geologi, bagian terdalam inti Bumi adalah sebuah bola besi padat yang memiliki panjang jari-jari 1220 kilometer. Menariknya, panjang jari-jari bola itu sama sebanding dengan 70 persen panjang jari-jari Bulan.

Sehingga bisa dikatakan bila dalam Bumi terdapat Bulan mini yang terbuat dari besi.

3. Inti Bumi sepanas matahari


Jika orang dulu menganggap neraka ada di bawah permukaan Bumi, mungkin mereka benar. Sebab, berdasarkan penelitian suhu inti Bumi sama dengan suhu permukaan matahari. Suhu inti Bumi diperkirakan mencapai 5400 derajat Celcius.
Dengan suhu sepanas itu, bahkan berlian yang notabene batuan paling kuat di Bumi bisa meleleh bahkan menguap dengan mudah!
4. Inti Bumi berputar lebih cepat dari Bumi sendiri

Berdasarkan penelitian di tahun 1997 dari Universitas Columbia, inti Bumi dinyatakan berputar lebih cepat dari Bumi. Kecepatan putaran atau rotasinya sekitar 2/3 detik lebih cepat dari rotasi Bumi.

Selain itu, arah putaran inti Bumi dinyatakan searah dengan arah putaran Bumi secara keseluruhan.

5. Inti Bumi Selamatkan Bumi Dari Sengatan Matahari


Setiap saat, matahari melontarkan badai matahari dalam intensitas beragam. Kuat atau lemah, badai matahari memiliki energi yang sangat besar, setara dengan 160 miliar megaton bom TNT.

Celakanya, badai matahari juga mengeluarkan sinar X dan ultraviolet yang berbahaya bagi manusia. Untungnya, energi 'negatif' dari matahari itu bisa ditahan oleh medan magnet Bumi.

Medan magnet bumi dikeluarkan oleh inti Bumi. Caranya, lapisan inti luar bumi yang terdiri dari besi cair berputar mengelilingi inti dalam Bumi yang terdiri dari bola logam besi padat.

Sumber: Daily Mail, jurnal Geochemical Perspective Letters, The Classroom.

1 komentar: Leave Your Comments